Jumat, 02 November 2012

KELAINAN DAN PENYAKIT PADA SISTEM TRASPORTASI

Mmmm....
Hello sobat, Lihat artikel ini dulu yach...
Apalagi buat kalian-kalian yang masih pelajar di bangku SMP, informasi ibi penting bgt...
Ga' ketinggalan buat para sobat yang yang mengalami penyakit di bawah ini...


SELAMAT MEMBACA!!!



KELAINAN DAN PENYAKIT PADA SISTEM TRANSPORTASI










 


BIOLOGI







*   Menjelaskan kelainan-kelainandan penyakit yang mungkin terjadi pada system peredaran darah.
*   Mendeskripsikan usaha untuk menjaga system peredaran darah.
Kegiatan         :
*   Bacalah berbagai buku yang membahas tentang kelainan-kelainan dan penyakit yang mungkin terjadi dalam system peredaran darah.
*   Sebutkan dan jeaskan kelainan-kelainan yang terjadi pada :
1.      Pembuluh darah
2.      Darah
3.      Jantung

*   Sebutkan 5 usaha yang dapat kamu lakukan untuk menjaga system transportasimu!

Pelaksanaan   :
Sumber buku                                       : IPA TERPADU untuk kelas 8 (Intan Pariwara)
                                                              Halaman 72 - 73
                                                              BELAJAR IPA untuk kelas 8
                                                              Halaman 81-83
Kelainan yang terjadi pada                 :
·         Pembuluh darah       :
1.      Artherosklerosis, penyumbatan pembuluh darah oleh lemak (kolesterol).
2.      Arteriosklerosis, penyumbatan pembuluh darah oleh zat kapur.
3.      Varises, Pelebaran Pembuluh darah Vena yang berkelok-kelok terutama pada kaki. Penyebabnya, adalah kaki terlalu berat menahan beban misalnya karena hamil atau terlalu lama berdiri.
4.      Hemeroid, yaitu pelebaran pembuluh balik (Vena) di sekitar anus atau sering di sebut dengan Ambeien.
5.      Trombus, tersumbatnya pembuluh darah karena benda yang tidak bergerak.
6.      Embolus, tersumbatnya pembuluh darah karena  benda yang bergerak.

·         Darah                         :
1.      Anemia, penyakit kekurangan eritrosit. Hal ini disebabkan karena hilangnya darah secara berlebihan atau karena, terlalu lambatnya produksi eitrosit.
2.      Hemofilia, yaitu penyakit keturunan dengan gejala darah sukar membeku.
3.      Leukimia (kanker darah), yaituperbanyakan sel darah putih yang tidak terkendali disertai dengan Anemia, sel darah putih memakan sel darah.
4.      Thalasemia, yaitu penyakit genetic yang ditandai ktidakberaturan bentuk eritrosit sehingga menurunkan kemampuan pengikatan oksigen.
5.      Eritroblastosis Faetalis, yaitu kerusakan eritrosit janin dalam kandungan akibat eritrosit janin mengandung factor rhesus yang diserang oleh factor antirhesus yang dimiliki ibu.
6.      Tekanan Darah Rendah, penderita kelainan ini memiliki tekanan daranya berada di bawah normal. Pengembalian darah ke jantungmenurun. Penyebabnya, antara lain perubahan posisi tubuh dari jongkok menjadi berdiri. Saat jongkok darah tertimbun di pembuluh balik pada kaki sehingga pengembalian darah ke jantung lambat. Selain itu, dapat juga disebabkan oleh berkurangnya volume darah akibat pendarahan atau muntaber. Gejala yang timbul biasanya adalah : lesu, pusing, penglihatan berkunang-kunang, dan sering pingsan
7.      Tekanan Darah Tinggi, gejala penyakit ini adalah tekanan darah diatas normal. Jantung penderita bekerja lebih keras bahkan bisa memecahkan pembuluh darah. Penyebabnya belum diketahui dengan pasti, namun diduga berhubungan dengan kelebihan kolesterol yang menyebabkan menyempitnya pembuluh nadi. Penyebab lain adalah factor keturunan, setres, usia, kebiasaan erokok, dan minuman beralkohol.
8.      AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome), penyakit AIDS disebabkan olehvius, yaitu HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang menyerang sel darah putih. Pada pengidap AIDS, sel darah putihnya lebih cepat mati & tidak berfungsi. Hal tersebut terjadi karena penyakit AIDS adalah penyakit yang menyerang system kekebalan tubuh sehingga kekebalan tubuh tidak berfungsi. Jika terkena infeksi atau suatu penyakit yang ringan sekalipun, system kekebalannya tidak akan bekerja. Ahirnya penderita dapat mengalami kematian.
9.      Thalasemia, yaitu penyakit keturunan dimana tubuh tidak mampu memproduksi hemoglobin dan sel darah merah. Akibatnya penderita mengalami anemia

·         Jantung                      :
1.      Jantung Koroner, yaitu penyumbatan pembuluh darah arteri koronia sehingga jantung kekurangan suplai makanan & oksigen.
2.      Penyakit Jantung, merupakan gangguan kerja jantung dalam memompa darah. Penyebabnya antara lain kelebihan kolesterol. Kolesterol yang berlebihan menyumbat pembuluh nadi sehingga menghambat aliran darah. Penyebab lain adalah kegemukan (obesitas). Tubuh orang gemuk memiliki banyak lemak dan darahnya banyak mengandung kolesterol, sehingga rawan penyumbatan pembuluh darah. Oleh karena itu kerja jantung lebih berat dalam memompa darah.
3.      Gagal Jantung, diebabkan terjadinya penurunan kerja atau kontraksi jantung. Akibatnya, volume darah dalam jaringan tubuh kurang karena jantung tidak bisa memompa darah dalam jumlah yang semetinya. Gejala umum orang yang berpenyakit jantug yaitu : nyeri dibagian dada, sesak, dan cepat lelah.

1 komentar:

  1. Terimakasih...
    Saya mau bertanya. Apakah Thalasemia nomor 4 dan 9 pada bagian darah berbeda? Apakah namanya memang sama?
    Terimakasih

    BalasHapus